oleh

Insan Jurnalis Subang Gaungkan Pilkada Damai

-Regional-45 views

SUBANG (RN) – Momen Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) tinggal menanti hitungan hari. pesta demokrasi pemilihan Bupati dan Wakil Bupati tersebut akan dilaksanakan pada 27 November 2024.

Tak hanya oleh Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD), insan jurnalis di Kabupaten Subang juga berharap pesta 5 tahun sekali ini berakhir damai dan guyub.
Demikian diungkapkan oleh jurnalis senior asal Kota Nanas, Didi Ramlan. Pria yang sudah lebih dari 40 tahun menjadi pemburu berita tersebut berharap tiga pasangan calon dapat menggulirkan ide-ide segar untuk membangun Subang. “Momen Pilkada jangan sampai ada konflik horizontal, harus damai dan guyub,’’ kata Didi yang juga ketua DPC Persatuan Wartawan Republik Indonesia (PWRI) Kabupaten Subang tersebut, Selasa (15/10/2024).

Pria asli Cijambe, Kabupaten Subang, tersebut mengatakan, sejauh ini tiga pasangan calon memiliki kekhasan dan keunggulan masing-masing. Ketiganya, lanjut dia, berpotensi untuk menjadi pemimpin tertinggi di Subang. Didi berharap, ketiga calon tersebut dapat membuka ruang diskusi dengan komunitas wartawan, khususnya PWRI Subang. “Bagaimana pun juga wartawan tiap hari turun ke lapangan. Tiap hari interaksi dengan rakyat. Kami berharap ketiga Paslon dapat membuka ruang diskusi lebih cair dan intens dengan komunitas wartawan, khususnya PWRI,’’ ujar Didi, bersemangat.

Sekadar diketahui, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Subang telah menetapkan nomor urut untuk pasangan calon (paslon) Bupati dan Wakil Bupati yang akan berkontestasi di Pilkada 2024. Pengundian dan penetapan nomor urut paslon dilaksanakan melalui rapat pleno terbuka di Kantor KPU Kabupaten Subang pada Senin (23/09/2024) lalu.

Dalam rapat pleno tersebut, KPU Kabupaten Subang secara resmi menetapkan nomor urut untuk tiga paslon Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Subang tahun 2024. Hasilnya, paslon Ruhimat-Aceng Kudus (Jimat-Aku) mendapatkan nomor urut 1, lalu paslon Reynaldy-Agus Masykur (Religius) mendapatkan nomor urut 2, dan paslon ARD-Lina (Aslina) mendapatkan nomor urut 3.

Untuk diketahui, paslon Ruhimat – Aceng Kudus didukung oleh koalisi Gerindra, PAN, Demokrat, dan Partai Buruh dengan total suara 250.953. Kemudian paslon nomor urut 2, Reynaldy Putra – Agus Masykur Rosyadi diusung oleh Golkar, PDIP, dan PKS dengan total suara sebanyak 389.548.
Terakhir, paslon nomor urut 3, Asep Rochman Dimyati – Lina Marliana diusung oleh partai politik NasDem, PKB, dan PPP dengan total dukungan suara mencapai 252.893.

Pada kesempatan tersebut, juga dilaksanakan deklarasi damai dan ikrar netralitas yang dihadiri oleh TNI/Polri, KPU, Bawaslu, ASN, dan para kepala desa. Acara ini bertujuan menciptakan suasana kondusif dan aman selama masa kampanye, memastikan Pilkada berjalan lancar tanpa kekerasan atau gangguan ketertiban.

Acara diakhiri dengan penandatanganan Deklarasi Kampanye Damai oleh seluruh peserta, disaksikan oleh berbagai pihak, termasuk Pj. Bupati Subang, Dandim 0605 Subang, serta jajaran pemerintahan dan keamanan daerah. (irzan)