oleh

Ekowisata dan Pasar Awi Campernik Jadi Destinasi Wisata Baru Kota Cimahi

-Regional-19 views

CIMAHI (RN) – |Pemerintah Kota Cimahi melalui Dinas Kebudayaan Pariwisata Kepemudaan dan Olahraga (Disbudparpora) Kota Cimahi meresmikan Ekowisata Cimahi dan Pasar Awi Campernik Sebagai Daya Tarik Wisata Kota Cimahi, Minggu (20/10/2024). Peresmian dua tujuan wisata tersebut diharapkan mendorong pengembangan daya tarik wisata di Kota Cimahi.

Pj. Wali Kota Cimahi Dicky Saromi mengatakan, Kota Cimahi sebagai kota kecil dengan keterbatasan sumber daya alam (SDA) perlu melakukan kreatifitas dan inovasi untuk meningkatkan daya saing agar tidak tertinggal dari kabupaten/kota lainnya di Indonesia. “Ditengah keterbatasan SDA yang dimiliki, serta banyaknya sumber daya manusia tentunya perlu dilakukan kolaborasi dan kreatifitas bagi warga masyarakat Kota Cimahi untuk terus menumbuhkembangkan potensi perekonomian melalui ekonomi kreatif sesuai dengan potensi yang ada,” ujarnya.

Baca Juga  Paska kenaikan harga BBM Jajaran Polres Toba aktifkan Pattoli dan monitoring ke SPBU Wilayah Kabupaten Toba.

Pembuatan Eko Wisata Cimenteng dan Pasar Awi Campernik memanfaatkan lahan Pemkot Cimahi di wilayah Kelurahan Cipageran Kecamatan Cimahi Utara. Ekowisata Cimahi mengusung konsep wisata berbasis pendidikan, yang mencakup edukasi perkebunan, peternakan, serta kedepannya akan dilengkapi dengan area jogging track. Keberadaan Pasar Awi Campernik melengkapi kawasan tersebut untuk menarik wisatawan berkunjung sambil menikmati kuliner khas Cimahi hasil kreasi masyarakat.

Baca Juga  Pemkot Cimahi Terus Upayakan Pengentasan Banjir Sesuai Skema

Pembangunan kepariwisataan merupakan integrasi antara pembangunan sarana dan prasarana daya tarik serta manusia di destinasi pariwisata. “Pembangunan daya tarik wisata perlu memperhatikan dan melibatkan masyarakat dalam pembangunan destinasi pariwisata agar tercipta kondisi yang kondusif bagi wisatawan. Kami optimis melalui Ekowisata Cimahi dan Pasar Awi Campernik akan terbentuk pelaku pariwisata dan ekonomi kreatif yang mampu meningkatkan kegiatan perekonomian di Kota Cimahi,” jelasnya.

Dia berpendapat, pariwisata dan ekonomi kreatif memiliki peran utama dalam perekonomian dan kepentingan sosial. “Pentingnya pariwisata dan ekonomi kreatif membuat banyak wilayah menggalakkan sektor ini untuk menggerakkan UMKM dan industri kecil sebagaimana dampak atau multiflyer effect dari pariwisata itu sendiri,” tuturnya.

Baca Juga  Pj. Wali Kota Cimahi Pantau Pelaksanaan Pemungutan Suara Pemilu 2024 Kota Cimahi

Dicky berkomitmen pihaknya akan terus mendukung seluruh aktifitas pengembangan wisata, ekonomi kreatif, UMKM, kesenian dan budaya yang ada di Kota Cimahi, “Ke depannya Pemerintah Daerah Kota Cimahi akan terus berinovasi dan memperbanyak event-event guna mendongkrak ekonomi kreatif dan kunjungan wisatawan,” tandasnya.(Benari Sitompul)

Komentar