oleh

Ketua P3A. Sumber Makmur TUKIJO Berharap P3 – TGAI Di Desa Pamulihan Terus Berkelanjutan

-Regional-63 views

Cilacap (RN) – P3-TGAI ini merupakan program padat karya tunai dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) dengan dana APBN untuk mendukung salah satu agenda prioritas pembangunan yang tertuang dalam RPJMN 2020-2025 untuk memperkuat infrastruktur untuk mendukung pengembangan ekonomi nasional.

P3-TGAI dilaksanakan untuk mendukung kedaulatan pangan nasional sebagai perwujudan kemandirian ekonomi dengan menggerakan sektor strategis ekonomi domestik. Sebagaimana termuat dalam program nawa cita ketujuh melalui pemberdayaan masyarakat petani dalam rehabilitasi, pembangunan dan peningkatan jaringan irigasi.

Kepala Desa (Kades) Pamulihan, Kecamatan Karangpucung, Kabupaten Cilacap,Kosim Surahman mengapresiasi adanya program Percepatan Peningkatan Tata Guna Air lrigasi (P3-TGAI) dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Republik Indonesia. Pelaksanaan kegiatan dilaksanakan oleh P3a Sumber Makmur.

Baca Juga  Hari Pertama Menjabat, Kapolres Banjar Langsung Tampung Keluhan Masyarakat Melalui Program Jumat Curhat

Kegiatan P3-TGAI melalui Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Citanduy kepada P3a Sumber Makmur dengan Peningkatan pembangunan saluran irigasi ini dinilai sangat bermanfaat bagi masyarakat khususnya para petani.

Kepala Desa Pamulihan, Kosim Surahman mengatakan, “Program pembangunan saluran irigasi ini benar – benar sangat menyentuh langsung kepada warga kami”, Katanya.

Lebih lanjut dikatakan Kosim Surahman,” Program ini manfaatnya banyak dirasakan oleh masyarakat pemakai air khususnya para petani,oleh sebab itu kami berharap agar program P3-TGAI terus berkelanjutan agar pembangunan saluran irigasi terus di maksimalkan di Desa Pamulihan. “terangnya.

Darto petani desa Pamulihan mengatakan,” Kami masyarakat disini merasa sangat terbantu sekali dengan adanya program ini karena warga yang menganggur bisa ikut bekerja dalam proyek ini dalam sistem padat karya tunai (PKT). Dari manfaat kegiatan ini sekarang saluran irigasi disini jadi bagus dan lancar.”Imbuhnya.

Baca Juga  DPRD Humbahas Sampaikan Rekomendasi Atas LKPj Bupati Humbahas 2023

Sementara itu Ketua P3a Sumber Makmur , Tukijo menyampaikan,” Kami atas nama petani desa Pamulihan bersyukur sekali karena ditahun 2024 ini desa Pamulihan mendapatkan P3TGAI yang dilaksanakan oleh kelompok P3a Sumber Makmur Pelaksanaan kegiatan pekerjaan di dusun Pamulihan desa Pamulihan Daerah Irigasi Cikuya girang. Alhamdulillah proses pelaksanaan pekerjaan berjalan lancar sesuai ketentuan yang ada, kami atas nama petani desa Pamulihan berharap program ini terus berkelanjutan karena diwilayah desa Pamulihan masih banyak jaringan irigasi yang harus dibangun karena saluran irigasi tersumbat sehingga saluran air jadi tidak lancar.”Harapnya.

Baca Juga  Bupati Sukabumi Lantik dan Ambil Sumpah Jabatan Pejabat Administrator

Ditambahkan ketua P3a Sumber Makmur, Tukijo, “Saya atas nama petani desa Pamulihan mengucapkan terima kasih kepada pemerintah pusat dan pemerintah daerah terutama kepada pihak Balai Besar Wilayah Sungai Citanduy melalui PPK OP 1 Mahmudi, ST., MT., atas terealisasinya P3TGAI sehingga para petani di wilayah desa Pamulihan bisa merasakan manfaatnya baik dari padat karya tunai terutama pengairan sawah yang awalnya tersendat sekarang jadi lancar setelah progres pelaksanaan pembangunan jaringan Irigasi ini. “Pungkasnya. (Tons)

Komentar