oleh

Peringatan Hari Ibu, Momentum Apresiasi Atas Peran, Dedikasi, dan Kontribusi Perempuan Untuk Indonesia Maju

CIMAHI (RN) – Pemerintah Kota Cimahi menggelar apel peringatan Hari Ibu ke-95 tahun 2023 di Lapangan Apel Pemkot Cimahi Jalan Raden Demang Hardjakusumah Kota Cimahi. Peringatan tersebut dilaksanakan untuk mengenang dan menghargai perjuangan perempuan indonesia dalam merebut dan mengisi kemerdekaan, yang tidak dapat dipisahkan dari sejarah perjuangan bangsa indonesia.

Apel dipimpin Pj. Wali Kota Cimahi Dicky Saromi dan dihadiri sejumlah kepala Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD), dan Forkopimda Kota Cimahi. Kegiatan dirangkaikan dengan penyerahan hadiah kepada Kelurahan Utama sebagai Juara Harapan 1 lomba P2WKSS tingkat Provinsi Jawa Barat 2023.

Baca Juga  PC.10.04 GM FKPPI Kabupaten Bogor Gelar Upacara dan Doa Bersama di Taman Makam Pahlawan Pondok Rajeg Cibinong Bogor

Membacakan sambutan Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan anak Republik Indonesia, Pj. Wali kota Cimahi Dicky Saromi mengatakan, peringatan Hari Ibu didasari momentum diselenggarakannya Kongres Perempuan pertama pada 22 Desember 1928 di Yogyakarta. Menjadi titik penting pergerakan perempuan yang menandai babak baru bangkitnya gerakan perempuan Indonesia untuk berorganisasi secara demokratis tanpa membedakan agama, etnis, dan kelas sosial.

“Peringatan Hari Ibu di indonesia esensinya bukan hanya untuk mengapresiasi jasa besar ibu, yang tentunya juga sungguh istimewa. Lebih dari itu, untuk mengapresiasi seluruh perempuan Indonesia, atas peran, dedikasi, serta kontribusinya bagi keluarga, masyarakat, bangsa, dan negara,” ujarnya.

Baca Juga  WARGA KAMPUNG SAMPORA MELAKUKAN GOTONG ROYONG PERBAIKI JALAN

Pada tahun 2023, tema yang diambil yaitu “Perempuan Berdaya, Indonesia Maju”. Tema itu didasari situasi dan kondisi di masyarakat saat ini, manakala persoalan kekerasan terhadap perempuan, kesenjangan akses ekonomi perempuan, dan keterwakilan perempuan dalam pengambilan keputusan masih sangat tertinggal dibandingkan laki-laki.

“Di indonesia, telah banyak kaum perempuan yang memiliki peran dan posisi strategis. Hal ini membuktikan bahwa perempuan, diberi peluang dan kesempatan, mampu meningkatkan kualitas hidupnya secara mandiri, dalam berbagai dimensi kehidupan berbangsa dan bernegara juga mampu menjadi motor penggerak dan motor perubahan (agent of change),” ucapnya.

Baca Juga  Menko Marves Luhut Binsar Panjaitan Tinjau TSTH2 di Humbang Hasundutan

Masih kata Dicky, peringatan Hari Ibu mengingatkan kepada semua pihak bahwa keadilan, kesejahteraan dan perdamaian yang didambakan tidak akan pernah tercapai tanpa peran serta perempuan.

“Marilah kita semua saling mendorong saling membantu kompak dalam setiap gerakan pembangunan. Karena kiprah perempuan sangat diharapkan dan ditunggu bagi pembangunan termasuk di Kota Cimahi. Mari terus kita berdaya, perempuan berdaya, Indonesia maju Kota Cimahi maju,” pungkasnya.(Benari Sitompul)

Komentar