oleh

AKBP Edwar Zulkarnain Ikuti Rakor Pengendalian Inflasi Bersama Kemendagri di Pemkab Purwakarta

-Regional-700 views

PURWAKARTA (RN) – Kapolres Purwakarta, AKBP Edwar Zulkarnain ikuti Rapat Koordinasi (Rakor) yang dipimpin Kemendagri terkait Pembahasan Konkret Pengendalian Indflasi Daerah Tahun 2023 secara virtual di Aula Janaka, Senin, 9 Oktober 2023.

Dalam rapat tersebut dihadiri juga Pj Bupati Purwakarta, Benni Irwan, Sekda Purwakarta, Norman Nugraha dan Dandim 0619/Purwakarta, Letkol Arm Andi Achmad Afandi serta tamu undangan lainnya.

Baca Juga  Pemkab Purwakarta Gelar Forum Penyelesaian Masalah Penanaman Modal dan Perizinan

Dalam Rakor Pengendalian Inflasi Daerah tersebut, Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Muhammad Tito Karnavian menyampaikan tingkat inflasi Nasional bulan September 2023 sebesar 2,28% (year-on-year) turun dari inflasi bulan Agustus 3,27%. Namun inflasi bergejolak meningkat dari 2,42% menjadi 3,62% (year-on-year).

Komoditas dengan kontribusi inflasi terbesar adalah beras, sebesar 0,55% (year-on-year). Salah satu kunci terkendalinya inflasi nasional adalah dengan menjaga stabilitas stok dan harga pangan.

Baca Juga  Kemenag dan Pemkab Purwakarta Fasilitasi Tempat Ibadah untuk Jemaat GKPS

Dilaporkan dalam rakor ini, secara Nasional, jumlah Kabupaten/Kota yang mengalami kenaikan IPH naik 21% poin dari minggu sebelumnya. Sebagian besar kenaikan IPH terjadi di wilayah Luar Pulau Jawa dan Sumatera.

Pada minggu ke I bulan Oktober 2023, komoditas yang menyumbang kenaikan harga adalah gula pasir di 324 Kabupaten/Kota, beras di 276 Kabupaten/Kota, dan cabai rawit di 239 kabupaten/kota.

Baca Juga  Polres Banjar Gelar Upacara Pemberhentian Tidak Dengan Hormat (PTDH) Personel Polres Banjar

Komentar