oleh

Panen Padi Nusantara 1 juta Hektar,Kabupaten Subang di Desa Mekarsari Kec Cikaum

-Regional-662 views

Subang (RN) – Subang Kementerian Pertanian RI menggelar kegiatan Panen Padi Nusantara 1 Juta Hektar di secara serempak di seluruh Indonesia selama tiga hari, Kamis – Sabtu,9-03-2023.
Di Kabupaten Subang, Panen Padi Nusantara dipusatkan di areal pertanian Kelompok Tani Elang Desa Mekarsari Kecamatan Cikaum, Sabtu (11/3/23).

Kegiatan dihadiri langsung oleh Kepala Dinas Pertanian Subang Hj Nenden Setiawaty mewakili Bupati Subang H Ruhimat,Sekertaris Dinas Pertanian H Asep Heryana, Kabid Tanaman Pangan H Soleman Sidik, S.TP.,M.Si., Camat Cikaum H Asep Sopandi, Kapolsek Cikaum AKP Anton Indra, Danramil Kapten Asep,
Kades Mekarsari Ade Asmawinata,Kesos Kecamatan Cikaum mumu,Kepala UPTD Pertanian Kecamatan Cikaum Andi Sukandi,SE.,BPS Subang,Jajaran POPT,Penyuluh Dan Para Kelompok Tani,Kabid Tanaman Pangan.

Camat cikaum memberikan Dalam Memberikan sambutan,
Asalamu alaikum wr wb, salam jawara, rakyat Subang gotong royong, Subang jawara Bismillahirohmanirohim, yang saya hormati ibu kepala dinas Pertanian Kabupaten Subang Hj Nenden Setiawaty Beserta jajarannya, yang saya hormati perwakilan dari BPS,yang saya hormati rekan kami Bapak Kapolsek cikaum AKP Anton Indra, dan Juga bapak Danramil kapten Asep, yang saya hormati rekan-rekan kepala desa, wabil khusus yang hadir Pak Ade dari Gandasari, dan hadir juga yang diwakili oleh perwakilan UPTD pertanian beserta jajarannya, informatif juga rekan-rekan mobil khusus Kecamatan cikaum kompak kami kompak semuanya, dan tidak bisa saya Sebutkan satu persatu dan mudah-mudahan semuanya dalam keadaan sehat selalu, Alhamdulillah pada hari ini kita telah bisa bersilaturahmi yaitu, acara panen raya Nusantara Indonesia Alhamdulillah untuk di Kabupaten Subang ditunjuk wilayah yang mewakili untuk panen raya yaitu di kecamatan cikaum yang bertempat Dusun di Desa Mekarsari,saya ucapkan terima kasih yang pertama selamat kepada Ibu Kadis dan jajarannya yang dalam ini merupakan perpanjangan tangan dari pak Bupati sesuai dengan tupoksinya kaitan dengan bidang pertanian, Alhamdulillah Bapak dan Ibu bisa melihat keadaan di wilayah cikaum kaitan dengan petani sawah, Alhamdulillah kondisi para petaninya sehat-sehat dan juga mudah-mudahan saja, harganya juga sehat supaya bisa mensejahterakan para petani dengan kondisi padi sehat baik hasilnya besar kecil ini adalah berkat, kerjasama antara bidang pertanian tentunya dengan para petani sehingga komunikasi kombinasinya nyambung secara teknisnya. disampaikan dan insya Allah padinya juga melimpah dari data luas Kecamatan cikaum 2600 hektar katanya.

Baca Juga  Dinas Pertanian Kabupaten Tapanuli Utara Melakukan Rapat Kordinasi

Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Subang Hj Nenden Setiawati, menambahkan saat ini Total luas areal lahan sawah Kabupaten Subang mencapai 84.000 hektar,di mana Kecamatan cikaum merupakan urutan keempat luasan arealnya.pihaknya juga bersyukur bahwa dalam kegiatan panen padi senusantara ini Berdasarkan hasil ubinan, produktivitas panennya bisa mencapai 7, 6 ton per hektar dari sekian Kabupaten. yang mengikuti panen padi senusantara di Jawa Barat Alhamdulillah Kabupaten Subang tertinggi hasil ubinanya. di mana perkiraan produktivitas padinya mencapai 7,6 ton per hektar pungkasnya.

Baca Juga  Kejari Taput Gelar Upacara Peringatan Hari Bhakti Adhyaksa Ke - 64

Kabid Tanaman Pangan Dinas Pertanian Kabupaten Subang, H Soleman Sidik, S.TP.,M.Si., mengungkapkan, kegiatan Panen Padi Nusantara digelar di areal pertanian Kelompok Tani Elang Desa Mekarsari Kecamatan Cikaum dengan luasan panen sekitar 406 hektar dengan varietas padi yang dipanen yakni Nutrizinc, ketan Grendel, dan Inpari 32.
Alhamdulillah, Kabupaten Subang sukses berpartisipasi menggelar panen padi senusantara ini.

Mudah-mudahan dengan panen padi ini menjadikan Kabupaten Subang sebagai lumbung padi nasional ketiga di Jawa Barat,” ujar H Soleman Sidik pada Hari Sabtu (11/3/23) di sela-sela kegiatan tersebut.Pihaknya pun bersyukur bahwa berdasarkan hasil ubinan, tingkat produktifitas hasil panen padi menembus 7,6 ton GKP (gabah kering panen) per hektar. Tingkat produktifitas ini merupakan yang tertinggi di Jawa Barat.
“Adapun hasil profitas dan produktifitas panen berdasarkan hasil ubinan itu di angka 7,6 ton per hektare dan ini tertinggi di Jawa Barat. Karenanya kita optimis pertanian kita semoga kedepan lebih maju, mandiri dan modern,” jelas H Soleman.
Varietas padi yang dikembangkan di Subang, khususnya Cikaum, diantaranya IR Nutrizinc atau padi kaya gizi, Inpari 32, dan ketan Grendel atau generasi kedelapan, bahkan kedepan akan kita kembangkan varietas Gisel atau generasi kesembilan. Dan ini kami sedang komunikasi dengan Badan Litbang BB Padi Sukamandi agar varietas Gisel segera keluar. Semua varietas ini adalah benih unggul yang produktifitasnya tinggi, sehingga mudah mudahan kedepan produktifitas padi Subang makin meningkat,” papar H Soleman.

Baca Juga  Respon Cepat Polsek Balige Datangi Lokasi Penemuan Mayat

Sementara itu, Kades Mekarsari Kecamatan Cikaum, Ade Asmawinata, mengaku bangga desanya terpilih mewakili Kabupaten Subang sebagai lokasi kegiatan Panen Padi Nasional 1 Juta Hektare ini.
“Alhamdulillah hari ini kita sudah melaksanakan panen padi nasional dan kita bersyukur Desa Mekarsari Kecamatan Cikaum terpilih mewakili Kabupaten Subang. Kita bersyukur kegiatan terlaksana secara lancar. Ini merupakan bentuk kekompakan dan penghormatan karena Cikaum merupakan peringkat pertama di Kabupaten Subang,”imbuh Kades Ade.

Komentar