oleh

Edukasi Konsumen, SPBU Jabong Genjot Penjualan Pertamax

-Regional-163 views

SUBANG (RN) – Sejalan dengan program pemerintah untuk mengurangi penggunaan bahan bakar minyak (BBM) bersubsidi, PT Pertamina Patra Niaga, anak usaha PT Pertamina (Persero), terus mensosialisasikan penggunaan BBM jenis Pertamax Series. Inilah yang dilakukan oleh Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) 34.41226 Jabong, Subang. SPBU yang berlokasi di Jalan Raya Subang-Pagaden, Desa Gunungsembung tersebut menggandeng mitra konsumen untuk mendongkrak penjualan Pertamax.

Pengawas SPBU 3441226, Aep Saefulloh, kepada Rakyat Nusantara, mengatakan, sejak Juli 2024 lalu, pihaknya gencar melakukan sosialisasi kepada konsumen SPBU-nya. Selain menggunaan banner, spanduk dan sarana lainnya, pihaknya juga menggandeng komunitas pengendara motor. “Kami menggandeng komunitas Bikers FKPPI Subang, di mana jumlah anggota komunitasnya mencapai 30 orang. Alhamdulillah, step by step banyak yang mau beralih ke Pertamax,’’ kata Aep di kantornya, Selasa (22/10/2024).

Pria asal Tanjungkerta, Sumedang, ini lebih lanjut mengatakan, sosialisasi penggunaan Pertamax memanfaatkan momentum harga Pertamax yang turun ke angka Rp 12.100, jadi sosialisasi akan lebih efektif. Salah satu contohnya pada saat antrian panjang pengisian BBM jenis Pertalite, ada Operator SPBU yang diminta untuk mengarahkan konsumen mengisi Pertamax. “Saat antrian sangat efektif, harga beda tipis tidak ngantri, kami arahkan ke mesin Pertamax, hasilnya efektif,’’ katanya.

Menurut catatannya, sebelum harga turun, Pertamax dalam sehari hanya laku 700-800 liter per hari, kini sudah di angka 1.300-1.400 liter per hari. “Selain kepada konsumen pemotor, konsumen corporate juga kami edukasi. Ada perusahaan yang tak jauh dari SPBU kami, beralih dari pengisian Pertalite ke Pertamax untuk kendaraan operasionalnya,’’ ujarnya.

Pada bagian lain, Dadang Widhaswara, PDE Pertamina wilayah Sales Area Karawang, mengatakan, pihaknya terus mensosialisasikan penggunaan Pertamax melalui berbagai program promosi. Dia mencontohkan, pada bulan Oktober 2024 ini ada tiga program promo unggulan. Salah satunya adalah weekend promo, yakni tiap hari Sabtu ada double point bagi pengguna MyPertamina dan di Hari Minggu ada E-Voucher. Selain itu, lanjut dia, ada program TGIF, di mana setiap hari Jumat pembelian melalui MYPertamina bisa hemat Rp 300 per lter. “Terakhir ada ILM, atau I Like Monday, lebih hemat Rp 300 per liter jika menggunakan Pertamax. Yang jelas, menggunakan Pertamax akan lebih baik kepada mesinnya,’’ pungkasnya. (irzan)