oleh

Pemdes Kunci Mengucapkan Terimakasih Atas Terealisasinya P3-TGAI Tahun 2024

-Regional-56 views

Cilacap (RN) – Desa Kunci menjadi salah satu desa yang menerima Prgram Percepatan Peningkatan Tata Guna Air dari Balai Besar Wilayah Sungai Citanduy.

Sebelumnya, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melalui Balai Besar Wilayah Sungai Citanduy mengumumkan dimulainya Program Percepatan Peningkatan Tata Guna Air Irigasi (P3-TGAI) Tahun Anggaran 2024.

Pengusulan lokasi dalam program ini bisa dilakukan oleh DPR RI, Instansi Pemerintah Daerah, serta Perkumpulan Petani Pemakai Air (P3A),

Pelaksanaan program ini dibiayai melalui Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN), dengan berlandaskan pada Pedoman Umum serta Petunjuk Teknis P3-TGAI.

Baca Juga  Satlantas Polres Subang Gercep Turun Langsung, Atasi Mobil Truk Tronton Bermuatan Berat Yang Mengakibatkan Macet Panjang

Di tahun 2024 ini p3a Kunci Sidareja Melaksanakan Pembangunan Irigasi di area pesawahan Desa Kunci, Kecamatan Sidareja, Kabupaten Cilacap. Pelaksanaan Pembangunan saluran irigasi ini sedang berjalan. Pelaksanaan Pembangunan Program Percepatan Peningkatan Tata Guna Air Irigasi (P3-TGAI) yang diberikan kepada P3A Kunci Sidareja Ini berada di dusun Cikondang Desa Sidareja. Kegiatan P3-TGAI dilaksanakan secara padatkarya/ swakelola melalui pemberdayaan masyarakat setempat dalam rehabilitasi jaringan irigasi, peningkatan jaringan irigasi, dan atau pembangunan jaringan irigasi secara partisipatif, terencana dan sistematis untuk meningkatkan kinerja pengelolaan jaringan irigas. Proses pemberdayaan dimulai dari perencanaan, pelaksanaan kostruksi, pengawasan dan pengelolaan jaringan irigasi dengan melibatkan peran serta masyarakat sebagai pelaksana kegiatan.

Baca Juga  Lomba Kader Grak Ompimpah Dapat Hadiah, Jadi Upaya Tingkatkan Kesadaran Masyarakat Cimahi Untuk Pilah Sampah

Kades Kunci, Satrio Sakti Wibowo melalui Sekdes Syamsul Sani mengatakan, “Lokasi ini menjadi target pembangunan jaringan irigasi pertanian yang merupakan program Percepatan Peningkatan Tataguna Air Irigasi (P3-TGAI) Tahun 2024 yang sedang dilaksanakan oleh Kelompok P3a Kunci Sidareja, ” Ucapnya. Rabu (02/10/2024)

Lebih lanjut dikatakan Syamsul Sani, “
Saya atas nama Pemerintah Desa dan masyarakat desa Kunci menyampaikan ucapan terimakasih kepada Pihak BBWS Citanduy atas dipercayakannya Desa Kunci melalui P3a Kunci Sidareja untuk mendapatkan program Percepatan Peningkatan Tataguna Air Irigasi (P3-TGAI) Tahun 2024 ini”.imbuhnya.

Baca Juga  Penjabat Bupati Tapanuli Utara Pimpin Rapat Koordinasi Kecamatan di Kecamatan Sipoholon Tahun 2024

Ditambahkan Syamsul Sani, “Saya atas nama pemerintah Desa Kunci dan petani mengucapkan terima kasih kepada pemerintah pusat dan pemerintah daerah terutama kepada pihak Balai Besar Wilayah Sungai Citanduy melalui PPK OP 1 Mahmudi, ST., MT., atas terealisasinya P3TGAI sehingga para petani di wilayah desa Madura bisa merasakan manfaatnya baik dari padat karya tunai terutama pengairan sawah yang awalnya tersendat sekarang jadi lancar setelah progres pelaksanaan pembangunan jaringan Irigasi ini. “Pungkasnya. (Tons)

Komentar