oleh

SD Negeri Pakansari 02
Bangun Karakter Tangguh Bersama Pramuka Siaga

-Pendidikan-148 views

Bogor (RN) – Sekolah Dasar Negeri Pakansari 02, yang berlokasi di Kelurahan Pakansari, Kecamatan Cibinong Kabupaten Bogor, tidak hanya fokus pada pendidikan akademik, tetapi juga aktif dalam kegiatan ekstrakurikuler yang bertujuan mengembangkan karakter dan keterampilan siswa. Salah satu kegiatan unggulan di sekolah ini adalah Pramuka, yang diikuti dengan antusias oleh siswa dari berbagai kelas.

Pramuka di SD Negeri Pakansari 02 diselenggarakan setiap Hari Kamis dan Sabtu yang di ikuti oleh Kelas 1 sd kelas 6, yang berjumlah 460 siswa dan siswi.

Pembina Pramuka di SD Negeri Pakansari 02 ini sebagai latihan rutin yang dilaksanakan meliputi: latihan upacara pembukaan, baris-berbaris, dan materi-materi kepramukaan seperti simpul tali, sandi-sandi, dan tata cara mendirikan tenda. Kak Santi yang merupakan Kakak Pembina memberikan materi mengenai kepramukaan.

Baca Juga  Penjabat Bupati Tapanuli Utara Serahkan Bantuan Pendidikan
Dari CSR Perusahaan Bank Sumut, PT. Sol dan Inalum Bagi Mahasiswa Berprestasi PTN Tahun 2024

”Pramuka adalah salah satu ekstrakulikuler yang mengajarkan tentang life skill yang akan menjadi modal utama siswa untuk mengembangkan potensi diri, dimana materi kepramukaan tidak terlepas dari mengajarkan kedisiplinan, kesopanan, patuh pada aturan, kreatifitas dan kecakapan beripikir” tutur Santy

Kegiatan Pramuka di SD Negeri Pakansari 02 dibimbing oleh para pembina yang berdedikasi. Pembina Pramuka di sekolah ini adalah para guru yang telah mendapatkan pelatihan khusus tentang kepramukaan diantaranya ada Kak. Reni, Kak Muna, Kak Santy, Kak Sidik dan Kak Andry. Mereka memainkan peran penting dalam menyusun program, memimpin kegiatan, dan memberikan bimbingan kepada para siswa. “Kami ingin siswa tidak hanya cerdas secara akademik, tetapi juga memiliki karakter yang kuat dan keterampilan yang berguna dalam kehidupan.

Baca Juga  Guru, Pendidikan dan Modal Utama Wujudkan Generasi Emas

Pramuka adalah salah satu cara untuk mencapai tujuan tersebut, Imbuh Kak Santy selaku salah satu Pembina Pramuka SD Negeri Pakansari 02.

Kepala Sekolah Ibu Wida Koesningsih, S.Pd.M.Si, berharap kegiatan Pramuka di SD Negeri Pakansari 02 dapat terus berkembang dan semakin banyak siswa dan siswi yang terlibat. “Kami berencana untuk memperluas program Pramuka dengan menambahkan kegiatan-kegiatan baru yang lebih menantang dan bermanfaat. Kami juga ingin mengajak lebih banyak pihak untuk berkolaborasi dalam mendukung kegiatan ini”.

Baca Juga  Pembangunan Ruang Laboratorium Komputer SMPN 6 Tarutung Diduga Asal Jadi

Dengan semangat kepramukaan yang tinggi, SD Negeri Pakansari 02 optimis dapat mencetak generasi muda yang tidak hanya unggul dalam akademik, tetapi juga memiliki karakter yang kuat, keterampilan yang mumpuni, dan kepedulian sosial yang tinggi.

Pramuka menjadi salah satu wadah penting dalam mencapai visi tersebut, membentuk anak-anak Bangsa menjadi pribadi-pribadi yang siap menghadapi masa depan dengan percaya diri dan tanggung jawab serta berdaya guna dan berhasil guna tandasnya.(Toni,S.Pd)

Komentar