oleh

Punya Laut dan Gunung, Subang Harusnya Jauh Lebih Sejahtera

SUBANG (RN) – Kabupaten Subang memiliki potensi yang sangat bagus untuk menarik imvestor dan pembangunan di level nasional,Hanya saja potensi tersebut kurang mendapat perhatian serius dan perlu daya dorong dari pemerintah pusat agar Subang menjadi salah satu prioritas utama pembangunan nasional.

Pengamat kebijakan publik dari The Phillipine Women’s University (PWU) M. Irzan Aslam, S.Pt., M.Si. mengatakan dari sisi luas wilayah Subang memiliki luas 2.051,76 km2 dengan 30 kecamatan serta jumlah penduduk mencapai 1,5 juta orang menurut sensus BPS tahun 2021. “Kalau tidak maju tentu ada yang salah terkait kebijakan publik selama ini, entah itu kebijakan di level daerah atau nasional. subang seharusnya lebih maju dibandingkan kabupaten di sekitarnya karena memiliki segalanya, punya laut dan gunung,’’ ujar kandidat doktor di bidang Pembangunan Sosial ini kepada Rakyat Nusantara , Sabtu (3/2/2024).

Baca Juga  Pemohon dan Pencetakan DTKS di Cimahi Naik Selama Musim PPDB

Lebih lanjut Irzan mengatakan, Subang memerlukan sosok wakil rakyat di level nasional yang lebih memprioritaskan daerah Subang dibandingkan daerah lainnya. bukan pilih kasih, namun secara kasat mata, Subang memang tertinggal dibandingkan tetangganya baik secara infrastruktur maupun pengembangan SDM.
“Kita lihat jalan-jalan nasional khususnya di Pantura belum terlalu baik. masih banyak akses penduduk baik jembatan yang tidak merata. pelabuhan ikan yang belum memiliki storage yang mumpuni dan ini memerlukan perhatian serius dari pemerintah Pusat. Subang perlu wakil rakyat yang dapat menyuarakan rakyat Subang di DPR RI,’’ ujarnya.

Pada bagian lain, Menurut Hamrin Malo Sitorus, SE, Caleg DPR-RI dari Partai Golkar, sejauh ini masih terjadi ketimpangan sosial di wilayah kabupaten Subang ujarnya dan mencontohkan, kualitas jalan dan kualitas kesejahteraan cukup jauh dibandingkan daerah lain di sekitarnya. “Seharusnya warga Subang jauh lebih sejahtera dibandingkan daerah lainnya karena Subang memiliki laut dan gunung,’’ kata Malo kepada Rakyat Nusantara, Sabtu (3/2/2024).

Baca Juga  Kapolres Banjar Pimpin Pengamanan Presiden Republik Indonesia di Wilayah Kota Banjar

Lebih lanjut Malo mengatakan, sudah saatnya warga Subang memiliki wakil di DPR-RI yang hidup dan berusaha di Subang. Sejauh ini, lanjut dia, baru satu orang dari partai Demokrat yang asli warga Subang. Selebihnya, kata dia, merupakan warga luar Subang yang mengambil dapil Subang. “Subang memiliki potensi 1,2 juta suara, seharusnya warga Subang memiliki wakil dari daerahnya sendiri. jangan kalah oleh Sumedang dan Majalengka, ada orang asli daerahnya yang maju,’’ kata pengusaha di bidang keuangan ini.

Baca Juga  HUT LSM PENDEKAR SUBANG KE 7 DENGAN TIGA PILAR,BELA NEGARA,BERSOSIAL DAN BERBUDAYA

Sekadar diketahui, Hamrin Malo Sitorus merupakan sosok pengusaha kelahiran Sumatera Utara yang telah lama berkiprah di Subang, dari mulai nol dia sudah berusaha di Subang sejak tahun 1990, tak hanya di bidang perbankan dan koperasi, dia juga merintis bidang pertanian dan peternakan di kota Nanas ini sejak 30 tahun lalu. “Saya sudah jadi orang sejak 30 tahun lalu, saya tak lagi cari uang di DPR. uang sudah cukup dan Saatnya mengabdi bagi warga Subang,’’ ujarnya.

Pada pemilu 2024 yang jatuh pada 14 Februari mendatang, dia berharap warga Subang dapat memilih calon dari daerahnya. “Jangan lupa coblos nomor urut 7 untuk DPR RI dari Partai Golkar. Saya siap bawa aspirasi Subang di level nasional,’’ pungkasnya. (Didi Ramlan)

Komentar