oleh

BPBD Kota Cimahi Sosialisasi Mitigasi Bencana Bagi Penyelenggara Pemilu

CIMAHI (RN) – Badan Penangulangan Bencsna Daerah (BPBD) kota Cimahi melaksanakan sosialisasi mitigasi bencsna tingkat kota cimahi 2023 di aula geduang A komplek pemkot cimahi Jln Raden Demang Hardjakusuma kota cimahi, Sosialisasi dilakukan sebagai upaya pencegahan dan mitigasi bencana untuk meminimalisir dampak bencana alam di Kota Cimahi. Kegiatan bertema “Melalui sosialisasi mitigasi bencana Geo-Hidrometeorologi, kita sukseskan pelaksanaan pemilu tahun 2024 dan siap untuk selamat“.

Dihadiri 115 peserta yang terdiri dari Badan Pengawas Pemilu (BAWASLU) Kota Cimahi, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Cimahi, Panitia Pengawas Kecamatan Se-Kota Cimahi, unsur Panitia Pemilihan Kecamatan Se-Kota Cimahi, Panitia Pengawas Pemilihan Umum Kelurahan Se-Kota Cimahi,- Panitia Pemungutan Suara Kelurahan Se-Kota Cimahi, Pengelola Pasar Modern Se-Kota Cimahi, Pengelola dan Paguyuban Pedagang Pasar Rakyat Se-Kota Cimahi, Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Sekretaris Daerah Kota Cimahi Yanuar Taufik mengatakan Kota Cimahi memiliki potensi bencana geo hidrometeorologi. Mulai dari bencana gempa bumi, pergerakan tanah/tanah longsor, banjir, banjir bandang, kekeringan dan angin puting beliung.

Baca Juga  Pengedar Sabu Asal Tanjung Balai Berhasil Ditangkap Polres Taput

“Apabila terjadi bencana tersebut maka dapat menyebabkan kerugian dan mengganggu setiap aktivitas di masyarakat. Oleh karenanya, diperlukan kesiapsiagaan dari semua stakeholder serta komponen lainnya untuk merespon suatu keadaan darurat bencana,” ujarnya.

Menurut dia, masyarakat sejak dini harus diberikan edukasi dan sosialisasi dalam hal kesiapsiagaan bencana secara masif dan bertahap.

“Sehingga ketika suatu saat nanti terjadi bencana sudah mengerti apa saja yang harus dilakukan sehingga dampak atau kerugian akibat bencana dapat diminimalisir,” katanya.

Baca Juga  Pemkot Cimahi Terus Upayakan Pengentasan Banjir Sesuai Skema

Sementara itu, Kepala Seksi Pencegahan dan Kesiapsiagaan Deni Supriatna dalam laporannya menjelaskan kegiatan sosialisasi dimaksudkan untuk memberikan pengetahuan terutama dalam upaya mitigasi bencana serta meningkatkan sumberdaya manusia terhadap penanggulangan bencana.

Hadir sebagai narasumber dalam kegiatan sosialisasi tersebut Dr. Supartoyo dari Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) dan Drs. Edy Heryadi, M.Si. Kepala Bidang Pencegahan dan Kesiapsiagaan BPBD Provinsi Jawa Barat.(Benari Sitompul)

Baca Juga  Saatnya Kaum Muda Berkontribusi Dongkrak Seni Budaya dan Pariwisata Kota Cimahi Lewat Mojang-Jajaka Kota Cimahi

Komentar