oleh

Sudihartono Cakades Sisordak, Mewujudkan Desa Mandiri Dari Bertani

-Regional-599 views

Taput (RN) – Desa Sisordak,Kecamatan Parmonangan,
Kabupaten Tapanuli Utara (Taput) salah satu Desa yang ikut melaksanakan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades),dimana warga mayoritas menggantungkan hidup dari bertani.

Sudihartono Purba salah satu Calon Kepala Desa(Cakades) Sisordak mengutarakan,
kedepan sesuai dengan visi dan misi bahwa peningkatan perekonomian warga Desa Sisordak lebih di fokuskan di bidang pertanian.

Tentunya masyarakat Desa Sisordak yang mayoritas hidup dari bertani kedepean kalau kita terpilih akan kita motivasi untuk meningkatkan pertanian”sebut Sudihartono.

Baca Juga  Unit Patroli Sat Samapta Polres Toba, Monitoring Tempat Wisata The Caldera Toba

Menurutnya,BUMDes akan lebih diberdayakan baik sebagai penampung hasil pertanian dan juga penyedia obat obatan maupun alat alat pertanian,sehingga kwalitas maupun kwantitas hasil pertanian lebih terjamin.

Sementara untuk mengatasi kendala modal yang sering terjadi di warga, Sudihartono menyebutkan pemerintah telah memberi sejumlah kemudahan semisal dengan pemberian sertifikat tanah gratis dan juga pinjaman Bank berupa Kredit Usaha Rakyat(KUR).

Dan itu bisa dimanfaatkan sebagai modal pertanian, disamping itu kalau BUMDes berkembang maka unit simpan pinjam akan dibentuk agar warga tidak terkendala denga modal.

Baca Juga  Peresmian Gudang PT Cicurug Anugerah Raharja, Distributor Wings Food Siap Beroperasi di Cicurug

Sudihartono mencontohkan dirinya,bagaimana dia mengelola 8000 batang cabai,16.000 batang tomat, 500 batang jeruk dan 200 batang terong belanda yang dikelola secara tumpang sari ditambah dua lokasi peternakan babi, sehingga pengelolaan pertanian bisa diterapkan dengan metode simbiosis mutualisme.

“Selama saya menjabat kepala desa Sisordak, saya selalu memotivasi warga dengan pertanian Sebagai contoh, kotoran ternak ini bisa dimanfaatkan untuk pupuk kompos, sehingga bisa mengurangi biaya dalam mengelola pertanian”tambah Sudihartono.

Baca Juga  Kapolda Jabar Serahkan Bantuan Kursi Roda Untuk Disabilitas Di Purwakarta

Selain itu dikatakan, bidang pendidikan juga akan dibenahi dengan penerapan les privat seperti les bahasa Inggris,Indonesia dan Matematika. Dengan harapan,generasi muda Desa Sisordak ada bekal dan lebih siap menatap masa depan.

Dia juga mengakui keinginnnya kembali mencalonkan dirinya sebagai kepala desa adalah atas permintaan warga desa Sisordak.

Komentar