oleh

Ketua DPRD Taput Kunjungan Kerja Ke Desa Parmanuhan Dan Desa Sibalanga Kecamatan Garoga Meninjau Pelaksanaan PISEW

TAPUT (RN) – Ketua DRPD Tapanuli Utara Utara , Arifin Rudi Nababan,SH (KUNKER)Kunjungan Kerja di Desa Parmanuhan dan Desa Sibalanga meninjau Pembangunan Infrastruktur Sosial Ekonomi Wilayah(PISEW) aspirasi PDI Perjuangan penghubung Desa Parmanuhan ke desa Sibalanga Kecamatan Garoga , Kabupaten Tapanuli Utara . Senin(01/05/2023).

Kata sambutan yang dilontarkan Bapak Camat Garoga Hendrik Simanjuntak,SP, sekaligus memaparkan kepentingan kerja sama antara masyarakat dan Perangkat desa mengenai pembangunan mana yang skala prioritas.

“Kalau tidak ada laporan masyarakat ke kami melalui Kades pasti kami juga tidak tau mana yang desa butuhkan pembangunan dan lainya ,dan selanjutnya bisa kami sampaikan aspirasinya melalui Dewan ataupun sama Pemerintah Kabupaten,’ ungkap camat.

Tak luput juga Ketua PAC PDI Perjuangan Garoga Togap Simorangkir turut juga menyampaikan arahan yang memacu kepada pembangunan dan dalam kesempatan tersebut beliau menyampaikan bahwa pembangunan jalan ini atas aspirasi Bapak Sukur Nababan DPR RI dan Bupati Nikson Nababan ke masyarakat Garoga ,bahwa pembangunan ini bukan asal jatuh dari pusat itu semua berkat aspirasi Pak Sukur Nababan ke Pemerintah pusat bersama Bapak Bupati Taput dan pengurus partai PDI Perjuangan Taput.

Baca Juga  Pemkot Bandung Tekan Angka Stunting Hampir 2.000 Balita

“Pastinya adapun pembangunan kalau tidak bisa bekerja sama sama pemerintah daerah dan pusat pasti tidak akan realisasi. Untuk itu kita masyarakat Garoga sangat mengapresiasi akan perjuangan Bupati dan Bapak Sukur Nababan, “kata ketua PAC.

“Pembangunan ini sebagai bentuk upaya untuk melancar Akses desa kekota yang efektif dan berkelanjutan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat.”ungkapnya.

Ketua DPRD Taput dari Fraksi PDI Perjuangan Arifin Rudi Nababan, SH , juga menyampaikan kata sambutan sekaligus menyampaikan arahan Pembangunan Infrasitruktur Sosial Ekonomi Wilayah(PISEW) menjadi landasan, pijakan yang kuat yang efektif dan berkelanjutan . Ini semua berkat perjuangan, kegigihan Bupati dengan Bapak Sukur Nababan Anggota DPR RI Dari Fraksi PDI Perjuangan. Memiliki konektivitas dan sinergitas baik dari struktur pemerintahan terkecil dari desa/kelurahan, dengan pemerintah daerah, hingga pemerintah provinsi dan pusat,” sahutnya.

Arifin Rudi juga meminta agar seluruh lapisan masyarakat untuk tak segan-segan menyampaikan aspirasinya ke anggota dewan supaya Anggota dewan bisa menyampaikan aspirasi itu ke Pemerintah Daerah dan melakukan pengecekan ke lapangan sehingga tidak menyalahi aturan dan tidak menyalahi data yang sesuai fakta di lapangan, sehingga bisa setiap usulan /aspirasi yang diminta bisa prioritas.

Baca Juga  Bupati Taput Kunjungan Kerja ke Dusun Hajoran Desa Silantom Jae Kecamatan Pangaribuan

“Saya berharap juga kepada camat untuk betul-betul mengetahui keluhan dan kebutuhan masyarakat, sehingga diketahui mana usulan yang masuk dalam skala prioritas. Pemerintah pastinya tidak tau mana yang perioritas kalau tidak ada laporan Camat dan Kepala Desa ke Pemkab, usulan yang prioritas dan berdasarkan kebutuhan masyarakat,” katanya.

Melihat kondisi dari jalan sebelumnya hanya bisa jalan kaki dan sering anak-anak sekolah dan masyarakat kewalahan kalau melintas kedesa parmanuhan ke desa sibalanga dan sesudah pembangunan jalan ini masyarakat antara desa parmanuhan ke desa Sibalanga sudah bisa naik roda empat( 4) dan dua(2).Saya sendiri tidak menduga bisa tercapai pembangunan jalan desa ini karena anggaran APBD yang terbatas akibat menjelang Pilkada yang sudah dekat. Dan kita patut apresiasi akan kegigihan Bapak Bupati Taput dan Bapak Sukur Nababan Anggota DPR RI yang berjuang memperjuangkan Pembangunan Infrasitruktur Sosial Ekonomi Wilayah(PIESW) dan juga usulan Anggota Dewan dengan pengurus Desa dan kecamatan dari PDI Perjuangan .

Masyarakat dan anak sekolah sudah bisa cepat menuju akses ke kota ,anak sekolah sudah bisa lebih cepat setelah lewat jalan ini menuju desa Sibalanga dari desa parmanuhan .

Baca Juga  Inisiasi Inovasi Kemanfaatan Untuk Kemandirian Ekonomi Kewilayahan

Membahas dan menetapkan prioritas kegiatan pembangunan di tingkat kecamatan yang belum tercakup dalam prioritas kegiatan pembangunan kelurahan. Melakukan klasifikasi atas prioritas kegiatan pembangunan kecamatan sesuai dengan fungsi-fungsi OPD.

“Usulan yang dikemukakan tak cukup hanya berdasar pada laporan saja. Melainkan pembangunan bisa berjalan on the track dan bermanfaat bagi masyarakat untuk kedepannya. Program pemerintah daerah harus ada target, jangan asal memprogram,” tegas Ketua dewan.

Menutup arahannya bahwa perencanaan pembangunan daerah menggunakan pendekatan partisipatif , dengan melibatkan berbagai pemangku kepentingan dan juga menggunakan pendekatan. Artinya di dalam musawarah melibatkan seluruh pihak dan seluruh elemen harus saling bersinergi.

Dalam kesempatan itu Anggota DPRD Taput Dapil IV ini juga menyampaikan arahan kepada masyarakat akan pentingnya usulan pembangunan Desa dan didalam Pelaksanaan MUSDES(Musyawarah Desa), inilah semua usul-usulan masyarakat bisa disampaikan atau melalui kepala desa masing-masing dan bisa kami membantu menyampaikan aspirasi ke pemerintah Daerah , tanpa usulan masyarakat bagaimana pemerintah tau kalau kita butuh pembangunan, “Pungkas Ketua Dewan mengakhiri .***

Komentar