oleh

Polres Purwakarta Sosialisasikan BPJS Ketenagakerjaan ke Seluruh Personil

-Regional-510 views

PURWAKARTA (RN) – Bertempat di Aula Sarjana Arya Rancana Polres Polres Purwakarta, puluhan personel polisi dari Polsek jajaran Polres Purwakarta ikuti Sosialisasi dari BPJS Ketenagakerjaan, pada Senin, 20 Maret 2023.

Kegiatan Sosialisasi dari pihak BPJS Ketenagakerjaan kepada seluruh personil Polsek Jajaran Polres Purwakarta dan Bhabinkamtibmas mengenai Program dari BPJS Ketenagakerjaan, dalam mendukung sinergitas bersama Polri.

Dalam kegiatan tersebut, BPJS Ketenagakerjaan Kabupaten Purwakarta menggandeng Bhabinkamtibmas yang merupakan ujung tombak Polri yang ada di Desa dan Kelurahan terkait tentang Jaminan Sosial Ketenagakerjaan yang ada di BPJS Ketenagakerjaan.

Kapolres Purwakarta, AKBP Edwar Zulkarnain melalui Wakapolres, Kompol Ahmad Mega Rahmawan mengatakan, dengan adanya sosialisasi ini diharapkan Polsek jajaran dan Bhabinkamtibmas juga dapat memberikan edukasi kepada masyarakat khususnya Kelompok Pekerja Rentan ditingkat Desa terkait tentang Jaminan Sosial Ketenagakerjaan yang ada di BPJS Ketenagakerjaan.

Baca Juga  Peduli Kamtibmas, Bhabinkamtibmas Polsek Laguboti Laksanakan Sambang Sosialisasikan Larangan Penggunaan Knalpot Racing

“Bhabinkamtibmas sebagai ujung tombak kepolisian di masyarakat akan mendampingi BPJamsostek setiap melakukan sosialisasi program. Untuk itu, terlebih dahulu para Bhabinkamtibmas ini dibekali pengetahuan tentang program BPJS Ketenagakerjaan,” Ucap pria yang akrab disapa Mega itu.

Soal kolaborasi antara Polres Purwakarta dengan BPJS Ketenagakerjaan, kata dia, pihaknya sangat mendukung dan menindaklanjuti kerjasama yang telah terjalin di Mabes Polri serta polda Jabar dengan BPJS Ketenagakerjaan.

Selain pendampingan, lanjut Mega, diharapkan keterlibatan Polres dalam sosialisasi tersebut dapat meningkatkan kepatuhan masyarakat pekerja untuk mendaftarkan dirinya sebagai peserta BPJS Ketenagakerjaan.

“Sesuai instruksi atas, kami siap mendukung program BPJS Ketenagakerjaan. Ini juga sebagai bagian dari tugas kepolisian sebagai pelindung, pengayom dan pelayan masyarakat,” ucap Mega.

Baca Juga  Rutin Lakukan Gatur Lantas, Satlantas Polres Purwakarta Ajak Masyarakat Taati Aturan Lalulintas

Ia menyebut, Polri tidak hanya berhenti di penegakkan hukum, pemeliharaan kamtibmas, perlindungan pengayoman pelayanan pada masyarakat akan tetapi masyarakat juga harus sejahtera.

“Jadi kita sama satu tujuan, satu visi, Indonesia maju, Purwakarta maju aman sejahtera,” ucapnya.

Mega mengatakan kepada seluruh jajaranya bahwa program perlindungan jaminan sosial ketenagakerjaan ini merupakan bentuk hadirnya negara dalam memberikan pengayoman kepada seluruh masyarakat.

“Seperti halnya Polri yang juga memberikan pengayoman kepada masyarakat, program perlindungan yang diberikan oleh BPJS Ketenagakerjaan wajib kita sosialisasikan kepada masyarakat karena hal tersebut juga merupakan salah satu bentuk pengayoman terhadap masyarakat khususnya para pekerja di desa maupun Kelurahan,” imbuhnya.

Terpisah, Kepala Kantor BPJS Ketenagakerjaan Cabang Purwakarta, Novri Annur melalui Kepala Bidang Kepesertaan Marsidah, mengapresiasi dukungan Polres Purwakarta yang siap melakukan pendampingan di setiap sosialisasi BPJS Ketenagakerjaan.

Baca Juga  Kapolres Toba Pimpin Langsung Pengamanan Kegiatan Rapat Koordinasi Nasional Semester II Percepatan Pengembangan 5 Destinasi Pariwisata Super Prioritas (DPSP) dan Groundbreaking Pembangunan Labersa Resort

“Kami terus melakukan perluasan program, khususnya di sektor pekerja bukan penerima upah hingga ke desa-desa. Di mana, pendekatan Bhabinkamtibmas kepada masyarakat dalam menyampaikan informasi akan sangat bermanfaat,” ucap Marsidah.

Sebagai langkah awal, sambungnya, pihaknya menyosialisasikan program BPJS Ketenagakerjaan terlebih dahulu kepada para Bhabinkamtibmas. “Kami sampaikan terkait program Jaminan Kecelakaan Kerja, Jaminan Kematian, Jaminan Hari Tua, Jaminan Pensiun hingga Jaminan Kehilangan Pekerjaan,” katanya.

Setelah memahami manfaat program jaminan sosial tersebut, lanjut Marsidah, Bhabinkamtibmas pun bisa melanjutkan informasi yang didapatkannya itu ke masyarakat.

“Sehingga saat sosialisasi, masyarakat telah memiliki gambaran tentang manfaat program BPJS Ketenagakerjaan,” ujar Marsidah.

Komentar