oleh

Tingkatkan Jiwa Kepeminpinan Polres Purwakarta Gelar LDKS Dengan SMPN Satap 2

-Regional-636 views

PURWAKARTA (RN) – Untuk mengasah jiwa kepemimpinan dan skill yang dimiliki para siswa, Sekolah Menengah Pertama Negri Satu Atap (SMPN Satap) 2 Parungbanteng, Kabupaten Purwakarta menggelar kegiatan Latihan Dasar Kepemimpinan Siswa (LDKS).

Kepala SMPN Satap 2 Parungbanteng, Mokhamad Aripin mengungkapkan bahwa LDKS ini bertujuan selain untuk mengasah jiwa kepemimpinan dari para peserta, tetapi juga untuk mengembangkan potensi-potensi dalam diri masing-masing.

“LDKS ini sebagai wadah pembinaan terhadap generasi muda untuk membentuk generasi yang berkarakter kebangsaan, disiplin dan memiliki rasa tanggung jawab sehingga kedepannya dapat diandalkan untuk kepentingan bangsa dan negara. Untuk LDKS kali ini kita bekerjasama dengan Kepolisian dari Polsek Sukasari, Polres Purwakarta,” ucap Pria yang akrab disapa kang Ipin itu, pada Sabtu, 4 Maret 2023.

Baca Juga  Anak Dibawah Umur Terjaring Operasi Zebra Lodaya 2024, Kapolres Purwakarta Tegaskan Hal ini

Adapun materi yang akan diberikan dalam kegiatan ini, lanjut dia, meliputi latihan Wawasan Kebangsaan, PBB, Out Bond, Pengetahuan Lalu Lintas, Pengetahuan Kesehatan, dan di akhiri oleh Renungan Malam dan Api Unggun.

Kang Ipin berharap para pelajar bisa mengambil ilmu dan manfaat dari pelatihan ini agar dapat dijadikan sebagai bekal dalam menyongsong masa depan dan berkontribusi terhadap masyarakat, nusa dan bangsa.

“Kegiatan ini bertujuan membentuk karakter dan kepemimpinan dalam diri siswa sehingga pada masa yang akan datang peserta didik diharapkan dapat menjadi pemimpin yang bertanggung jawab. Jadikan bekal LDKS untuk manfaat di lingkungan sekolah maupun rumah sehingga mendapatkan hasil yang baik,” pesan Kang Ipin.

Baca Juga  Polres Purwakarta Bantu Satpol PP Tertibkan Baliho Bakal Calon Bupati Yang Tak Berizin

Terpisah, Kapolres Purwakarta, AKBP Edwar Zulkarnain melalui Kapolsek Sukasari, AKP Wasir Tardjuki mengatakan bahwa dengan memberikan pembekalan tentang wawasan kebangsaan, kerjasama tim (team work), Peraturan Baris Berbaris (PBB), meningkatkan kualitas pengetahuan, keterampilan dan sikap tanggung jawab.

Selain itu, lanjut Wasir, LDKS ini memantapkan kemampuan kepemimpinan serta materi lain yang bersifat pengetahuan yang dimiliki para siswa, yang diharapkan tumbuh menjadi generasi muda yang berkepribadian tangguh dan mampu bersaing secara sehat.

Baca Juga  Pelantikan Pengurus DPC APDESI Kabupaten Subang Periode 2022-2027 Di Aulia Pemda Subang

“Perlu disadari bahwa generasi muda merupakan potensi bangsa, karena di pundak merekalah harapan bangsa ini untuk dapat lebih maju. Oleh karena itu, semangat belajar, semangat menambah pengetahuan dan wawasan harus selalu tumbuh,” tegas Kapolsek.

Wasir menambahkan, dengan digelarnya kegiatan LDKS ini diharapkan para siswa mempunyai memiliki jiwa patriotisme dan nasionalisme, memiliki rasa cinta terhadap tanah air, sekaligus sikap hormat menghormati, toleransi dan sopan santun.

“Para pelajar ini harus bisa mempersiapkan diri menghadapi tantangan dan sebagai bagian dari perkembangan dunia, karena sejarah bangsa ini akan ditentukan oleh pemudanya,” Ucap Wasir.

Komentar