oleh

HARGA GARAM NAIK TAHUN 2023

-Regional-983 views

BEKASI (RN) – Pemerintah mengambil ancang-ancang untuk menutup impor garam secara bertahap pada 2024 mendatang. Presiden RI Joko Widodo telah menerbitkan Peraturan Presiden Nomor 126 tentang Percepatan Pergaraman Nasional pada 27 Oktober 2022. Melalui Perpres, menginstruksikan percepatan pembangunan pergaraman untuk memenuhi kebutuhan garam nasional.

Pada awal tahun 2023 ini harga garam dikalangan petani terus mengalami kenaikan hingga tembus mencapai Rp 3,5 juta perton cukup mahal hampir Rp 4000 per kilogram, diperkirakan petani garam mulai panen pada bulan Juni pada saat cuaca panas.

Baca Juga  Rusli Prihatevy Minta Pemkot Bogor Evaluasi Sistem Drainase

Suhadi sebagai pemilik usaha pengemasan garam Kota Bekasi PT. Arief Sinar Mandiri berusaha untuk menyeimbangkan harga jual di pasaran karena tidak sesuainya lonjakan harga untuk biaya produksi pengemasan di pabriknya.

kenaikan harga garam menyebabkan permintaan menjadi turun drastis untuk komoditas, permintaan pun jadi menurun, garam sebagai bahan baku dan bahan penolong bagi sektor industri memandang hal tersebut akan berdampak terhadap keberlangsungan industri yang membutuhkan garam sebagai bahan baku.

Baca Juga  Bupati Taput Hadiri Syukuran Rumah Baru Keluarga Besar Nelson Pandapotan Sitompul

Komentar